Cogon Grass : Health Benefits

Under COnstruction, Not translated yet

Alang-alang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang banyak sekali memiliki manfaat. Beberapa daerah mengenal alang-alang sebagai Ilalang ataupun sebagai padang. Selain ilalang ternyata akar alang-alang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Alang-alang memiliki ciri-ciri tinggi sekitar 1-2 m alang-alang ini hampir sama dengan padi.

Meskipun tumbuh sebagai tanaman parasit yang mengganggu tanaman tanaman di sekitarnya tapi pada kenyataannya tanaman langka lah ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tidak hanya alang-alang memiliki manfaat untuk kesehatan namun akar alang-alang juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Beberapa riset dikembangkan terkait khasiat herbal tersebut, perdu ini mengandung zat-zat yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Menurut hasil penelitian tanaman alang-alang mengandung manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Kandungan diatas menjadikan tanaman ini sebagai penurun panas atau antipiretik , meluruhkan kemih atau kemampuan diuretik, menghentikan pendarahan yang juga biasa dikenal dengan kemampuan hemostatik, dan menghilangkan keluhan tenggorokan kering. Penelitian yang dilakukan Jaya Antonius Satrya, Fakultas Farmasi UNAIR akar alang-alang memiliki paling kuat efek antipiretiknya. Akarnya memiliki rasa yang manis dan memberi efek sejuk.

Health Benefits and How to Use 

1. Acute Nephritis

Dalam uji klinis, akar alang-alang dosis 250 – 300 gram diberikan pada siang dan malam hari, dan diketahui mampu mengobati 27 dari 30 kasus nefritis akut. Nefritis adalah kerusakan pada bagian glomerulus ginjal akibat infeksi bakteri. Untuk penderita nefritis kronis, herbal alang-alang juga dapat membantu mengurangi gejala edema serta darah rendah.

2. Epistaksis

Siapkan akar alang-alang yang masih segar dan dalam jumlah secukupnya. Cuci sampai bersih lalu dilumatkan dan diperas sarinya sampai terkumpul 100 ml. Langsung minum setelahnya. Atau siapkan 30 gram akar yang masih segar, cuci bersih, lalu rebus bersama 3 gelas air dan tunggu sampai airnya tersisa 1 gelas. Airnya bisa diminum langsung jika sudah tidak terlalu panas.

Selain itu, untuk mimisan ada pula cara lain yang dapat dilakukan dengan mengambil bulir bunga dan tangkainya, kemudian digiling halus. Lalu dibubuhi pada luka atau disumbatkan ke hidung untuk menghentikan perdarahan. Anda juga bisa menggunakan cara serupa untuk luka terbuka, karena sifat hemostatiknya cukup efektif.

3. Gonorea

Siapkan 300 gram akar alang-alang yang masih segar. Cuci hingga bersih kemudian potong menjadi kecil-kecil. Taruh ke dalam air 2 liter dan rebus hingga mendidih dan tunggu sampai airnya tersisa sekitar 1,2 liter. Agar rasanya lebih enak, dapat ditambahkan gula batu secukupnya. Bagilah sarinya ini menjadi 3 gelas, dan minumlah 3 kali sehari. Lakukan ini sampai 10 hari.

4. Hematemesis

Cuci bersih 30 – 60 gram akar alang-alang yang masih segar. Lalu potong-potong jadi lebih kecil dan rebus bersama 3 gelas air. Jika sudah mendidih, tunggu sampai airnya hanya tinggal 1 gelas. Sari ini bisa diminum setelah sudah dingin.

5. Hematuria

Rebuslah 11 gram akar alang-alang yang masih segar dengan 2 liter air. Biarkan terus mendidih sampai airnya tersisa 1 liter (setengahnya). Minumlah sari ini secara teratur sampai keluhannya membaik.

6. Hepatitis

Siapkan akar alang-alang yang sudah dikeringkan sebanyak 60 gram. Kemudian rebus bersama 3 gelas air dan tunggu sampai airnya tersisa 1 gelas. Minumlah sari ini 2 kali sehari.

7. Hypertension

4. Sebagai obat diare

Akar ilalang memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit di dalam perut salah satunya adalah untuk mengobati diare. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan beberapa akar ilalang kemudian rebuslah akar ilalang tersebut hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi rebusan akar ilalang secara rutin dan teratur. Banyak cara mengobati diare, diantara beberapa cara selain memanfaatkan akar alang-alang adalah dengan memanfaatkan makanan untuk penderita diare.

5. Sebagai obat radang hati

Akar alang-alang memang sangat ampuh digunakan untuk mengobati radang salah satunya adalah mengobati radang hati. Cara membuat ramuan untuk mengobati radang hati menggunakan akar alang-alang sangatlah mudah. Dengan merebus akar ilalang secukupnya dan mengkonsumsinya secara rutin. Anda dapat terhindar dari penyakit radang hati ini. mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin dan teratur juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit radang hati.

6. Sebagai obat kencing darah

Akar alang-alang memang sangat ampuh untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kencing, salah satunya adalah ampuh untuk mengatasi masalah kencing darah. Kencing darah ini biasanya disebabkan karena terjadi pendarahan pada dalam tubuh seseorang. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menyiapkan akar alang-alang yang sudah kering lalu rebuslah Akar alang-alang tersebut menggunakan 2 gelas air, selanjutnya tambahkanlah 3 irisan tangkwe, rebuslah ramuan tersebut hingga menyisakan satu gelas air. Untuk mengatasi kencing darah Anda dapat mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai kencing darah yang anda derita hilang dan benar-benar sembuh.

7. Sebagai obat air seni tak lancar

Air seni tidak lancar memang sangatlah mengganggu namun bagi Anda yang memiliki Penyakit ini jangan khawatir karena anda dapat mengobatinya menggunakan akar alang-alang, cara membuat ramuan untuk mengobati air seni yang tak lancar dari akar alang-alang adalah dengan menyiapkan 30 sampai 50 akar alang-alang yang dimana agar allah alam tersebut telah dijemur hingga kering, rebuslah akar alang-alang dengan 2 gelas air, rebuslah hingga menyisakan satu gelas air. langkah selanjutnya adalah menyaring ramuan tersebut diamkan lah hingga dingin lalu minumlah secara rutin sebanyak 2 kali sehari, minumlah ramuan tersebut hingga penyakit Anda terobati.

8. Sebagai obat radang ginjal

Akar ilalang sangat ampuh digunakan untuk mengobati radang ginjal cara membuat ramuan dari akar alang-alang untuk mengobati radang ginjal adalah dengan menyiapkan 30 gram akar ilalang lalu potonglah akar ilangan kecil-kecil. selanjutnya, rebuslah akar ilalang tersebut dengan 3 gelas air, Sisakan lah hingga 1 gelas air kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur sebanyak 3 kali dalam satu hari.

11. Sebagai obat panas dalam

Khasiat akar alang-alang yang lainnya adalah digunakan untuk meredakan panas dalam, seperti yang telah anda ketahui bahwa ternyata akar alang-alang sering digunakan untuk bahan utama pembuatan obat yang meredakan panas dalam. Anda dapat membuat ramuan untuk meredakan panas dalam dengan cara menyiapkan akar anak-anak secukupnya cucilah akar alang-alang and hingga bersih kemudian keringkanlah di bawah sinar matahari atau alternatif lain Anda dapat mengeringkannya menggunakan oven.

Jika akar alang-alang sudah mengering Anda dapat menghaluskan nya sampai Akar tersebut menjadi bubuk, untuk mengkonsumsinya Anda bisa menambahkan seduhan bubuk dengan madu ataupun gula. Banyak gejala panas dalam yang sering kita lihat, untuk itu perlu beberapa cara untuk mengobati panas dalam agar panas dalam tidak mengundang beberapa penyakit yang lainnya.

12. Sebagai obat keputihan

Masalah keputihan sering terjadi pada wanita, namun bagi Anda yang memiliki masalah keputihan jangan khawatir karena anda dapat mengatasi masalah keputihan tersebut dengan menggunakan tanaman ini, cara menggunakan akar alang-alang untuk mengobati keputihan adalah dengan menambahkan bahan-bahan alami seperti daun pepaya dan juga pulasari, rebuslah bahan-bahan tersebut hingga mendidih selanjutnya ramuan tersebut disaring dan diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada saat siang hari dan malam hari sebelum tidur. Dengan memanfaatkan alang-alang sebagai obat keputihan maka dengna penggunaan yang rutin keputihan dapat diatasi dengan maksimal.

13. Sebagai obat asma

Akar alang-alang memang terkenal banyak khasiatnya akar alang-alang merupakan salah satu obat tradisional untuk mengobati penyakit asma. Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih ,50 gram kencur. Selanjutnya seduhlah menggunakan 200 mili air setelah itu rebus hingga tinggal 100 mili air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Messenger icon
Send message via your Messenger App
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?